Istilah adalah


Istilah adalah kata atau gabungan kata yang mempunyai dan mengungkapkan suatu makna, konsep, proses, keadaan atau sifat yang khas dalam bidang tertentu. Kata Istilah sendiri merupakan kata serapan dari bahasa Arab.

Sebagai sebuah kata, istilah berupa satu kata yang memiliki makna meski berdiri sendiri. Tapi sebagai gabungan kata, istilah hanya akan mempunyai makna sesui yang di maksud jika digabungkan dengan kata yang tepat.

👉ISTILAH sebagai sebuah kata dan sebagai gabungan kata:

Anak adalah istilah dalam hubungan kekerabatan. Istilah Anak sebagai kata, dalam kamus bahasa Indonesia di artikan sebagai turunan pertama. Tapi Istilah Anak dalam gabungan kata mempunyai banyak arti, tergantung kata yang digabungkan dengannya.

Contoh Gabungan kata ANAK.
  • Anak bawang artinya anak kecil yang masih belum mengerti apa-apa (1), anggota / peserta yang tidak masuk hitungan (2)
  • Anak buah artinya anggota kelompok (regu / pasukan) yang berada di bawah komando seorang pemimpin.
  • Anak bini artinya keluarga (anak dan istri)
  • Anak buncit artinya anak bungsu (1), anak yang terlahir paling akhir dalam satu keluarga (2), anak termuda (3)
Secara umum, Istilah digolongkan menjadi 2, yaitu:
  1. Istilah khusus: kata yang pemakaiannya dan maknanya terbatas pada suatu bidang tertentu, misalnya pencakar langit (bangunan), agregat (ekonomi). 
  2. Istilah umum: kata yang menjadi unsur bahasa umum, misalnya ambil alih, daya guna, kecerdasan, dan tepat guna merupakan istilah umum.
Menurut Wikipedia.org, Istilah dalam bahasa Indonesia bersumber pada kosakata umum bahasa Indonesia, kosakata bahasa serumpun, dan kosakata bahasa asing. Proses pembentukan istilah dimulai dengan pemadanan atau penerjemahan, misalnya "camera" menjadi kamera; dan gabungan penerjemahan dan penyerapan,misalnya subdivision menjadi subbagian.

Dalam Kamus Bahasa Indonesia, banyak istilah yang berasal dari kata serapan bahasa asing. Hal itu sangat wajar, karena selain bangsa Indonesia banyak berinteraksi dengan bangsa asing juga karena wilayah Indonesia berada di posisi silang dan menjadi jalur perdagangan dari berbagai Benua.